Rabu, 17 Desember 2014

Panduan Merakit Komputer Super Mudah

Panduan Merakit Komputer Super Mudah
– Yg dimaksud mengatasi masalah disini merupakan kemungkinan beberapa hal yg sering terjadi ketika kita sedang merakit komputer, ini berdasarkan pengalaman aku selama merakit sebuah komputer. Abdi akn coba sharing buat lw mungkin saja engkau pernah mengalaminya serta merasa kebingungan, saya coba uraikan di bawah ini.
 

Baca Juga : Cara Menghilangkan Jerawat Di Wajah Dgn Photoshop
Ceritanya komputer telah selesai kita rakit sesuai dgn panduan yg ada, tetapi kadang ada masalah yang dpt saja terjadi. Masalah seperti komputer yang ngga ingin menyala atau masalah-masalah lainnya muncul dari hal-hal yang sepele. Oke jangan panik dahulu kawan, semoga saja nte menemukan jalan penyelesaiannya disini !

Masalah Yg Sering Terjadi Ketika Merakit Komputer

A. Komputer Gak Mau Menyala

Banyak alasan kenapa komputer ngga mau menyala : komponen yang rusak, kelalaian ketika merakit, atau gangguan listrik dirumah. Komponen yang kita rakit ialah baru, jadi kecil kemungkinan komponen tersebut rusak, kecuali anda membeli yang second/bekas. Karenanya, kemungkinan paling besar ialah masalah ketika anda merakit. Berikut beberapa sumber masalah yg bisa menyebabkan komputer ngga mau menyala.

Pemasangan power switch yg salah
Baca kembali buku manual dan pasang konektor power switch sesuai pin-nya.

Buruknya koneksi power dari power supply ke soket power motherboard
Lepas dan periksa apakah ada pin motherboard yang bengkok atau pin kabel konektor yg rusak, pasang kembali konektor power sesuaikan dengan soketnya.

Pemasangan RAM/Memori yg kurang baik
Lepas memori dan pasang dgn cara yang benar.

Slot memori yang kurang mendukung
Ada beberapa jenis motherboard memberi syarat khusus pada pemasangan memori. Lepas memori & pasang kembali ke slot yg berbeda.

Adanya benda asing di dlm CPU yg membuat short circuit motherboard
Pastikan gak ada baut yg jatuh atau benda asing lain di dlm CPU.

Short circuit antara motherboard dengan tubuh casing
Gunakan spacer & pastikan spacer berperan dengan baik sebagai pemberi jarak antara motherboard serta casing.

Aliran listrik yg buruk
Anda bisa mencoba menyalakan komputer dengan sumber listrik yang lain.

B. Disk Boot Failure

Kegagalan proses boot (boot failure) bisa diakibatkan dari dua sumber, harddisk & CD. Masalah ini memang menjadi hal yang paling terjadi pada ketika merakit komputer. Boot Fail­ure terjadi karena komputer tak mendeteksi adanya komponen utk menyimpan sistem booting, baik pada harddisk maupun CD.

Ketika masalah ini muncul, hal pertama yang hrs kita lakukan adalah mengetahui sistem booting yang akn kami jalankan, apakah dari harddisk atau dari CD. Sebagai contoh, pada ketika instalasi sistem operasi, kita atur proses boot dari CD. Jika boot dari CD mengalami kegagalan (Disk Boot Failure), ada kemungkinan masalah yg terjadi.

Prioritas boot yang salah
Pada BIOS kita bisa mengatur prioritas boot pada komputer. Priori­tas boot ini yang menentukan proses booting akn dilakukan pada harddisk, CD-ROM atau floppy disk. Pilih CD-ROM untuk prioritas first boot, lalu simpan serta restart komputer.

CD-ROOM tidak terdeteksi
Ada 2 kemungkinan yang menyebabkan CD-ROM gak terdeteksi. Kemungkinan pertama, konfigurasi yg berbenturan (sama) dengan pengaturan harddisk, misal CD-ROM kita atur menjadi Master Primary, sedangkan harddisk memiliki konfigurasi yang sama. Hal ini yang menyebabkan CD-ROM ngga berfungsi. Apabila terjadi kesalahan seperti ini, selekasnya lakukan pengaturan jumper atau pisahkan kabel data harddisk dan CD-ROM. Kesala­han semacam ini gak akn terjadi bila Anda menggunakan harddisk SATA. Kemungkinan yang kedua adalah buruknya koneksi kabel data CD-ROM ke motherboard atau kabel supply. Lepas koneksi lalu periksa kemungkinan pin yang rusak, apabila kondisi baik, pasang kembali dengan port yang berbeda untuk menghindari kemungkinan kerusakan pada port.

CD tidak terbaca oleh CD-ROOM
Kepingan CD memang rentan mengalami kerusakan. Bila hal ini terjadi, mungkin sampean bisa menukar CD tersebut dgn CD yg kondisinya baik. Lain halnya bila kita sudah mempunyai sistem operasi di dalam harddisk. Kegagalan proses booting dikarenakan dari harddisk. Ada beberapa kemungkinan yg harus kita periksa kembali.

C. Suara Gak Ada

Masalah gak keluarnya suara memang cukup sering terjadi untuk komputer baru. Ada beberapa penyebab dari masalah ini. Ketika ini, kita akan periksa satu per satu kemungkinan apa saja yang dapat terjadi.

Driver sound blm terinstal
Setiap pembelian sound card, pastikan nte memperoleh CD Driver-nya. Jika nte mempunyai sound card onboard, CD driver dpt lw dapatkan pada CD Driver motherboard. Anda bisa melakukan instal secara otomatis atau manual.

Koneksi port yang salah
Perhatikan ketiga port audio pada komputer anda. Port yang berwarna hijau itu utk jalur out/keluar suara speaker atau headset. Bila salah dlm memasang konektor ini, suara ngga akn keluar.

Kerusakan pada speaker atau headset
Anda bisa mencoba menggunakan speaker lain.

Oke, mungkin hanya itu beberapa diantaranya Masalah Yg Sering Terjadi Ketika Merakit Komputer dan cara menanganinya. Semoga bermanfaat.

source http://www.adhitsblog.com/2014/12/cara-merakit-komputer-super-lengkap.html

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Panduan Merakit Komputer Super Mudah

0 komentar:

Posting Komentar